Press "Enter" to skip to content

Maksimalkan Pasokan Air Bersih Kepada Konsumen ,PDAM Gapura Tirta Rahayu Fungsikan Pipa Lama

Purwakarta BeritaPurwasuka – Dampak dari jebolnya Tanggul Irigasi di Kelurahan Tegal Munjul Purwakarta yang dikelola Jasa Tirta II, membuat pipa saluran air PDAM Gapura Tirta Rahayu Purwakarta ikut terputus, Pasalnya pelanggan PDAM jaringan pipa diwilayah Tegal Munjul, Munjul Jaya, Citalang ,Cimaung dan daerah sekitarnya di kecamatan Purwakarta mengalami gangguan pasokan air bersih.

Menurut Direktur Teknik PDAM Gapura Tirta Rahayu Purwakarta, Susanto akibat Jebolnya Tanggul Irigasi di Kelurahan Tegal Munjul Purwakarta, pipa distribusi air milik PDAM ikut terputus.

“Kami sudah berupaya, pasca putusnya pipa saluran air PDAM. Jaringan pipa lama kami fungsikan kembali untuk sementara, agar pasokan air ke pelanggan PDAM tetap mengalir,” jelasnya.

Proses Perbaikan Pipa Jebol di Kelurahan Tegal Munjul Kecamatan Purwakarta Kabupaten Purwakarta

Ia menyebutkan pelanggan yang terkena dampak gangguan pasokan air PDAM terjadi diwilayah Tegal Munjul, Munjul Jaya, Citalang ,Cimaung dan daerah sekitarnya di kecamatan Purwakarta. “Debit air yang mengalir ke pelanggan menurun drastis, karena pipa saluran terputus.” jelas Susanto ketika di konfirmasi dikantor PDAM, Senin (13/1/2020).

Pada Prinsipnya untuk mengembalikan ke kondisi semula perlu waktu dan proses. PDAM terus berupaya tahap demi tahap, dan sudah pada taraf pematangan desain, tinggal tahap penyiapan anggaran dan pelaksanaan.

“Perbaikan Jembatan pipa disesuaikan dengan pekerjaan perbaikan gorong gorong yang dilakukan oleh pihak PJT II. Lokasi jembatan pipa yang dibangun akan digeser dari posisi semula,” terang dia.

Ia mengakui pihaknya terus berkerja keras agar pasokan air PDAM ke pelanggan dapat disalurkan, meskipun tidak seperti dalam kondisi normal.

“Ya, kita berupaya maksimal bekerja siang dan malam. Agar para pelanggan tetap
mendapatkan pasokan air, selain itu kita juga menyediakan dan mendistribusikan air PDAM dalam tangki kepada para pelanggan,” ujarnya.

Salah seorang pelanggan PDAM Purwakarta diwilayah Munjul Jaya, Anggi mengungkapkan aliran air PDAM ke rumahnya mengalami gangguan sejak awal tahun 2020 ini.

“Sejak awal tahun pasokan air kerumah saya terganggu, airnya hanya mengalir sedikit. Kita sudah tahu kalau ada gangguan pasokan air PDAM, informasi pemberitahuan sudah ada. Meski mengalirnya sedikit tapi cukuplah, bantuan air pakai mobil tangki datangnya juga rutin,” jelasnya.

Seperti diketahui, curah hujan tinggi yang terjadi diakhir tahun 2019 lalu mengakibatkan debit air sungai di Munjul meningkat. Aliran air yang deras dan jumlah besar mengakibatkan Jebolnya Tanggul Irigasi di Kelurahan Tegal Munjul, pipa saluran air PDAM juga ikut terputus. (reg)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *